Inilah Alasan Kenapa Saat Suhu Dingin Hidung Jadi Mudah Meler

Inilah Alasan Kenapa Saat Suhu Dingin Hidung Jadi Mudah Meler

Inilah Alasan Kenapa Saat Suhu Dingin Hidung Jadi Mudah Meler – Banyak di antara kita mungkin pernah mengalami hidung yang mudah meler saat suhu udara lebih dingin dari biasanya. Kira-kira apa yang terjadi saat itu? Menurut dr David King dari The University of Queensland ada penjelasan ilmiah di baliknya.

Hidung kita disebut punya mekanisme untuk menjaga udara masuk ke paru-paru selalu dalam suhu dan kelembapan yang sama. Saat udara melewati belakang hidung suhunya bisa sekitar 26-30 derajat celcius dengan kelembapan sekitar 100 persen tidak peduli kondisi di luar.

Nah ketika udara lebih dingin dari biasanya saraf-saraf di hidung yang ada akan terstimulasi mengirim sinyal ke otak untuk melebarkan pembuluh darah. Dengan pembuluh darah melebar konsekuensinya saluran udara jadi lebih sempit namun hangat.

Selain itu udara dingin yang kering juga akan memicu lebih banyak produksi lendir hidung atau ingus. Tujuannya agar udara tetap lembap saat masuk ke paru-paru.

Baca Juga : Alternatif Seks Sensasional Dengan Pijat Klitoris

“Udara dingin yang kering akan memicu sel sistem imun di hidung Anda. Sel-sel ini membuat hidung lebih banyak memproduksi cairan agar udara lebih lembap. Diprediksi Anda bisa kehilangan sekitar 300-400 mililiter cairan lewat hidung ketika ia menjalankan fungsi ini,” kata dr David seperti dikutip dari CNN, Kamis (14/12/2017).

Nah pada orang-orang yang sistem imunnya lebih aktif, saluran udara yang menyempit dan bertambahnya produksi cairan di hidung bisa berujung pada kondisi meler.

“Terapi umumnya ya cuma dengan menyiapkan tisu atau sapu tangan saja. Atau bila mau penggunaan anticholinergic atau semprotan antiradang untuk hidung seperti atropine dan ipratropium juga bisa,” pungkas dr David.

Den Bagus APhe Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *