Tubuh Mengalami Dehidrasi? Ini Tandanya

Dehidrasi akan sangat mudah menyerang Anda yang jarang atau malas minum air putih. Padahal tubuh manusia sangat membutuhkan air untuk membantu melancarkan sirkulasi darah, pengangkutan oksigen, dan membantu kinerja organ tubuh lainnya. Salah satu ciri-ciri orang terkena dehidrasi adalah mudah merasa lelah dan lemas. Berikut ini adalah tanda-tanda seseorang mengalami dehidrasi.

Tanda Mengalami Dehidrasi

  1. Kulit Kering

Tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi dapat ditandai dengan kulit yang kering, pecah-pecah, dan terlihat kusam. Kurangnya asupan cairan tubuh membuat kulit Anda menjadi tidak segar dan elastisitasnya menjadi berkurang.

Cara mengetahui apakah Anda mengalami dehidrasi adalah dengan mencubit kulit pada punggung tangan. Apabila kondisi kulit tidak segera kembali ke posisi semula, maka kemungkinan tubuh Anda mengalami dehidrasi.

  1. Mulut Terasa Kering dan Bau Mulut

Dehidrasi juga dapat ditandai dengan mulut yang terasa kering dan bau tidak sedap pada mulut. Kurangnya asupan air minum dapat membuat produksi air liur menjadi berkurang. Selain menyebabkan mulut menjadi terasa kering, berkurangnya produksi air liur yang mengandung anti-bakterial yang membuat bakteri berkembang secara berlebihan sehingga menyebabkan bau mulut.

  1. Sulit Buang Air Besar (Sembelit)

Sulit buang air besar menjadi tanda bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi. Jika Anda kurang minum, maka usus besar tidak mendapat asupan air dengan cukup sehingga feses menjadi kering dan keras yang mengakibatkan sembelit.

  1. Otot Mengalami Kram

Penyebab terjadinya kram otot terutama saat cuaca terik bisa menjadi indikasi bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi. Kram biasa terjadi saat Anda melakukan aktivitas fisik berat atau olahraga yang tidak diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup. Kurang asupan air membuat darah mengental dan tidak mengalir dengan lancar sehingga menyebabkan kram pada otot.

Untuk menjaga asupan air di dalam tubuh selalu tercukupi, Anda harus rutin minum air putih paling tidak sebanyak 8 gelas setiap harinya. Anda juga perlu memerhatikan kualitas air yang Anda konsumsi. Pastikan untuk mengonsumsi air putih yang bersih dan bebas dari kuman penyakit. Anda juga bisa mengonsumsi air mineral yang mengandung beberapa nutrisi baik untuk memenuhi kebutuhan cairan.

Air mineral Aqua diproses dengan teknologi modern dan canggih yang menghasilkan air minum yang berkualitas. Aqua juga dikemas menggunakan plastik recycle yang ramah lingkungan, aman, dan higienis. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang Aqua, Anda bisa mengunjungi situs resminya di www.sehataqua.co.id.

Post Author: Den Bagus APhe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.